Sabtu, 08 Desember 2012

MATEMATIKA? SIAPA TAKUT..( ^ . ^ )v

Terjadi  percakapan dari kedua orang anak ketika di kelas.
si A = “Kamu lagi ngapain?”
si B = “Lagy mengerjakan PR Matematika.”
si A = “Lho kok nyontek? kenapa ndak dikerjakan di rumah?”
si B = “Males ah…”
si A = “Padahal semua caranya sudah ada di buku paket matematika, dan kemarin sudah diterangkan oleh Bu Guru lho.”
si B = “Aku ndak bisa. susah..sulit..pusing.. Makanya ndak aku kerjakan.”
Nah, makna apa yang bisa kita ambil dari percakapan kedua anak tersebut. Ya NIAT DAN KESADARAN. Tidak ada yang tidak bisa di dunia ini kecuali orang yang MALAS. Kemalasan hanya akan berujung kepada kebodohan. Padahal jika kita mau berusaha pasti kita bisa, yakinlah itu. Orang yang sukses itu pasti pernah terjatuh, tidak hanya sekali mungkin berkali-kali. Semakin sering kita terjatuh, maka semakin banyak pengalaman atau hikmah yang kita ambil. Apakah kalian pernah mengetahui filosofi beruang kutub, “Ya” dia tidak akan terjatuh untuk kedua kalinya dalam lubang yang sama. Maksudnya adalah jika kita sudah pernah melakukan suatu kesalahan untuk pertama kali maka kita mencoba untuk belajar supaya tidak terjadi kesalahan untuk kedua kalinya dengan alasan yang sama.
Sama seperti kita BELAJAR MATEMATIKA. Bila kita salah mengerjakan suatu soal, maka kerjakanlah lagi soal tersebut hingga benar dan ketahuilah dimana kesalahanmu. InsyaAllah di lain kesempatan kamu akan bisa mengerjakan soal tersebut tanpa mengulangi kesalahan yang pertama.

Nah, ada beberapa tips untuk mengurangi rasa takut kepada Matematika..

1. Jangan pernah mengatakan “AKU TIDAK BISA”.

Sugesti dirimu sendiri dengan mengatakan “AKU BISA”. InsyaAllah Allah akan memberikan kemampuan kepadamu.
Jika kamu merasa ada yang tidak bisa dalam memahami suatu materi dalam pelajaran matematika, jangan malu untuk bertanya kepada Guru ataupun kepada temanmu. Bertanyalah dan ungkapkan ketidak sanggupanmu untuk memahami materi, InsyaAllah Gurumu akan memberikan pemahaman kepadamu.




2. Membaca Taawudz dan basmalah sebelum melakukan kegiatan apapun

Bacalah taawudz dan basmalah ketika akan mengawali suatu kegiatan apapun, baik itu akan belajar ataupun melakukan kegiatan lainnya supaya kita terhindar dari godaan syaitan, kemudian membaca doa supaya pelajaran dapat diterima dengan baik.








3.Pelajari sebelum diterangkan oleh Guru


Nah pelajarilah materi sebelum diterangkan oleh guru. Tulislah bagian yang sulit pada bukumu dan beri stabilo pada bagian yang dianggap penting. Jadi, ketika pelajaran kamu dapat bertanya kepada guru mu bagian mana yang sulit tersebut. Ingat jangan pernah takut untuk bertanya.



4. Rangkumlah materi

Jika masih merasa kesulitan rangkumlah materi atau rumus-rumus matematika di dalam buku kecil”note” supaya bisa dibawa kemana-mana dan bisa dibaca kapan saja.









 
5. Membaca hamdalah setelah belajar

Nah, biasanya anak-anak sering lupa untuk melakukan hal ini, yakni membaca hamdalah “Alhamdulillah” setelah melakukan kegiatan apapun. Supaya apa yang kita kerjakan saat itu bermanfaat ke depannya dan barakah. Amin..





6. Beribadahlah (Mendekatkan diri kepada Allah SWT di setiap waktumu)



Anak-anakku yang manis selain kalian belajar, bermain, dan lain sebagainya jangan lupakan untuk beribadah ya. Ini adalah suatu kegiatan wajib untuk kaum muslim. Beribadahlah dengan tepat waktu, insyaAllah Allah akan melancarkan apa yang akan kita kerjakan nantinya. Dan sesungguhnya jika kita dekat dengan-Nya, maka Allah akan memberikan suatu energi untuk diri kita dan memberikan kecerdasan untuk otak kita. InsyaAllah..




Masih TAKUT belajar matematika?
Tak takut lagi kan (^.^)b

Coba ikuti beberapa tips di atas, sementara hanya 6 tips saja yang saya berikan kepada kalian. Yuk dicoba ya..
To Be continue…:)



JATUH ITU BIASA, TAPI BANGKIT ITU LUAR BIASA


Alhamdulillah… :)


By: Rima Anisa Widyaningrum, S.Pd

0 komentar:

Posting Komentar